5 Juli 2009

Selamat tinggal cinta

Huft…

Lagi-lagi seperti ini.

Gak ada waktu, gak ada waktu dan gak ada waktu.

Sebenernya, dia tuh gimana sih?

Anggep gue ini apa?

Huuuuuhhhhh…

Sabar-sabar….



^^



“Heh…” sapa Andri siang itu

“Ngelamun aje…” lanjutnya. Manda tetap cemberut.

“Kenape lo? Sakit gigi?” tanya Andri lagi, penasaran.


“Huaaaaaaaa… gue sebel…sebel…sebel…” ujar Amanda mencak-mencak. Andri melongo, heran

“Lu kenapa sih, obat lo belom dimakan ya? Kok stress lo kumat gitu?” tanyanya ngaco. Amanda melotot,

“Gue sebel sama cowok gue An… sebel banget… banget… banget… banget…” ujar Amanda kemudian. Andri garuk-garuk kepala,

“Sebel gimana?” Andri masih belom juga ngerti.

“Abis dia sih… gak pernah ada waktu buat gue! Gue ini kan ceweknya, masa dia gak bisa luangin waktu buat gue? Dikit aja… huh!” Amanda menghela napas panjang.

“Cowok lo sibuk kali tuuh banyak tugas kuliah, jadi belom bisa luangin waktunya buat lo,” Andri mencoba menenangkan.

“Ohya… gue nggak percaya. Kita tuh baru semester satu, tugas juga gak bakal numpuk kayak semester atas kali. Lagian, kita berdua tuh masih tinggal dalam satu kota. Gini aja mo ketemu susahnya minta ampun! Tau gitu, gue dulu jadi kuliah di Jogja, biar sekalian jauh… long distance,” Amanda masih mencak-mencak.

“Ya udah… sabar buu…” Andri menenangkan lagi.



^^



“Maaf y, aku gk bs anter km Les Inggris

Hr ni mo bsket,

D ajk sm tmn2.

Gpp kn?” :David:


Pesan singkat itu bikin Amanda tambah gondok.

Padahal Amanda udah siap-siap berangkat Les, dan menunggu cowoknya itu dateng ngejemput.

Mama Amanda yang melihat putrinya lagi cemberut jadi penasaran,


“Kamu kenapa Man mencak-mencak disitu sendirian? Bukannya sore ini kamu ada Les, kok belom berangkat juga?” tanyanya pada Amanda. Amanda cemberut,

“Iya Mi, ini juga Manda mo berangkat kok,” ujarnya, masih dengan perasaan kesal.


^^


“Gak cuman satu kali ini dia ngebatalin janji. Waktu itu, waktu dia janji ngajak nonton, eh… gak jadi juga! Padahal gue udah siap-siap mo pergi. Ternyata nggak jadi, alesannya lupa beli tiket dulu lah, males mendadak lah, apa gitu… ngeselin banget deh! Dan itu gue itung-itung udah lebih dari tiga kali dia kayak gitu ngebatalin janji. Kalo enggak, tiap mo jalan kemana, juga musti batal gara-gara alesan, yang mo basket lah, futsal, bilyard sama temen-temen… aaaarrrrgggghhhhh…!!!” Amanda marah-marah gak karuan di depan Andri, sobatnya. Nih cowok Cuma geleng-geleng kepala, heran sekaligus prihatin.


“Sabar Man… sabar…” ujar Andri menenangkan

“Lo gak ada kosa kata yang laen ya selain kata sabar?” semprot Manda. Andri nyengir,

“Yaaa, trus apa donk?” Andri balik nanya,

“Yah… apa kek. Kasih solusi buat gue ngadepin cowok gue ini. Huh, Lama-lama kan bosen juga kalo kayak gini. Dia tuh sok sibuk sama urusan yang menurut gue nggak penting-penting juga. Basket, futsal, bilyard… itu kan cuman maen-maen doank. Gak harus tiap hari kan? Paling nggak, dia bisa bagi waktunya buat gue. Sehari aja Ndri. Ini dalam waktu sebulan aja, Cuma berapa kali ketemu, bisa diitungin. Catetan, kita masih dalam satu kota. Gini aja udah susah ketemunya. Kalo urusan kampus, dia ada tugas numpuk atau apa, gue masih bisa maklum. Tapi ini…” Amanda hopless

“Sabar buu…” ujar Andri, Lagi.



^^


Malam itu, Amanda asik membaca novel diruang santai rumahnya.

Mamanya yang lagi asik nyulam disebelahnya, tiba-tiba ngomongin sesuatu yang tak terduga,


“Man, mami nii kok gak terlalu suka ya kamu punya pacar David,” ujarnya sambil tetep asik nyulam. Amanda menoleh, berhenti membaca

“Maksud mami?” tanyanya bingung

“Ya… mami gak begitu suka aja sama dia. Dia itu kok keliatan gak dewasa, masih kayak SMA aja gitu Man. Kan kalian ni udah ganti status jadi mahasiswa, paling nggak ngerubah penampilan sama sifatnya yang masih kayak SMA itu donk,” ujar mami lagi. Amanda cemberut

“Ah… mi kan baru awal juga masuk kuliahnya. Wajar donk mi… masih kebawa-bawa keSMA-an gitu,” bela Amanda.

“Iya mami tahu. Tapi paling enggak, dia bisa bersikap dewasa donk Man. Dia kan anak cowok. Mami liat, dia tuh nggak ada dewasa-dewasanya. Ngaruhnya juga ke kamu. Mami merasa, kamu juga malah makin kayak anak kecil aja. Nggak makin belajar jadi dewasa. Mami malah suka waktu kamu jadian sama Satria, cowok kamu yang dulu itu. Dia tuh bisa ngemong kamu. Keliatan dari pembawaannya. Padahal, waktu itu dia juga masih semester awal kan?” mama Amanda ngebandingin. Amanda menghela napas panjang.

“Ah… dia lagi. Selain dia ngapa sih mi?” Amanda mulai kesal.

“Tapi emang bener kan? Coba kamu bandingin lagi, antara David dan Satria. Mana yang lebih dewasa dan bisa ngertiin kamu. Paling enggak, salah satu dari mereka nggak sering bikin kamu uring-uringan kayak gini kan?” ujar mama lagi. Amanda terdiam lama.



^^


“Terus gue musti gimana donk San?” tanya Amanda pada Sandra sahabatnya, setelah doi curhat abis-abisan tentang cowoknya, dan mantannya.

“Hem… coba aja Man, kamu hubungin mantan kamu itu. Yah, say hi lah… siapa tahu dia masih ada rasa sama kamu,” ujarnya ngasih solusi

“Ah… ogah ahh, tar di kira gue ngajak balik lagi! Ogah deh…” Amanda menolak mentah-mentah.

“Yah iseng aja Man. Paling nggak, lo jadi nggak bimbang gini kan? Yah, itung-itung silaturahmi sama mantan?” ujar Sandra lagi.



^^


“Hi… pa kbr?”


Pesan singkat itu di kirim Amanda juga.

“Haduuuhhhh, kenapa gue kirim sih? Aduh…..” gumam Amanda sendirian.


Dan, tiga menit kemudian pesan balasan pun datang,


“Baik. Km?

Tmben, ad ap nih?” :Satria:


Wow, Amanda kaget setengah girang.

Ternyata nih cowok ngebales SMS nya.

Ya udah deh… ahkirnya mereka pun ber SMS-an ria.



^^


“San, udah semingguan ini gue SMSan sama mantan gue. Yaaa… sok curhat gitu deh,” ujar Amanda siang itu di kampus, setelah mata kuliah usai.

“Oh yaaaa, terus…terus?” Sandra penasaran

“Yaaa gitu lah. Gue sok curhat tentang cowok gue. Terus apa coba kata dia?”

“Apaan Man?” Sandra makin penasaran

“Wah Man, kalo kamu masih punya cowok, aku nggak bisa ngajak kamu balikan donk. Padahal aku udah lama nunggu masa-masa ini,” ujar Amanda meniru isi pesan Satria.

“Cie…cie… terus Man?” tanya Sandra terus

“Gue malah jadi curiga deh San sama nih cowok. Jangan-jangan, dia sok respect ma gue gini, karena mo bales dendam?” Amanda mikir-mikir

“Bales dendam gimana?” Sandra bingung

“Sandra, waktu itu yang putusin kan gue! Gara-garanya sih, dia posesif banget San jadi cowok. Gue kan males punya cowok yang tiap jam musti lapor kita ada dimana. Ya udah deh, gue putusin aja. Nah, gue curiga deh… jangan-jangan nih cowok baek sama gue karena mo bales dendam sama gue, mao bikin gue sakit ati gitu San,” Amanda ngomong serius.

“Ah, jangan ngomong gitu ah. Selidikin dulu ajah. Lagian lu juga masih punya cowok kan? Terus, dia pa kabar?” lanjut Sandra.

“Gak tahu? Udah lebih dari seminggu ini kita loss contact. Jadi gue nggak tahu kabar dia. Ntar deh, coba gue hubungin dia.”



^^



Malam itu, tiga sahabat Amanda waktu SMA nginep dirumahnya. Jarang-jarang banget hal ini terjadi. Sejak lulus SMA, mereka jadi jarang ngumpul.

Sibuk sama urusan masing-masing.


“Man, kbar lu sama David gimana?” Tanya Risa malam itu.

“Baik kok. Cuma, ahkir-ahkir ini gue emang rada loss contact gitu deh sama dia,” ujar Amanda, sambil ngemil kentang goreng dan menonton DVD yang mereka pinjam sore tadi.

“Loss contact gimana?” giliran Shiffa yang nanya

“Yaaa, jarang ketemu gitu lah. Dia juga lebih sibuk sama temen-temennya,” ujar Amanda lagi.

“Ini kan malem minggu Man, dia mo kesini?” Tanya Risa lagi

“Kayaknya sih gitu, lagian kita berdua juga udah lama banget gak ketemu. Jadi dia mungkin hari ini bakal kesini,” jawab Amanda, sampai pada ahkirna handphonenya berbunyi,


“Duh yank, map y

Q kykny gak bs k’rmh km deh.

Soalny, d’rmh ad acr kluarga gt.

Map y?” :David:


Amanda tersenyum masam,


“Temen-temen, mumpung masih jam 7, kita ke mall aja yuk…” ajaknya pada Shiffa dan Risa. Kedua temennya bengong,

“David nggak jadi kesini Man?” tanya Risa. Amanda menggeleng.


^^


“Jadi, lo kemaren juga sempet SMSan lagi sama si Satria Man, gara-gara omongan nyokap lo waktu itu, terus lo jadi beneran bandingin mereka, Mana yang cocok sama lo?” ujar Risa, heran. Amanda mengangguk.

“Yah, menurut gue sih Man, Satria itu emnag lebih baik dari David. Doi tuh dewasa, dan keliatan ngemong gitu sama lo. Ya, beda lah sama David yang lebih sering ngelayap sama temen-temennya. Dia juga nggak ada dewasa-dewasanya,” Risa nyerocos

“Lu balikan aja sama Satria Man,” ujarnya kemudian. Amanda nyengir,

“OGAH!” jawab Amanda cepat,

“Kenapa? Kan udah kebukti juga Satria emang lebih perhatian sama lo, ketimbang David. Buktinya, David sering ingkar janji kan sama lo,” Risa ngebela Satria. Sedangkan Shiffa Cuma diem dengerin pembicaraan mereka. Doi asik merhatiin orang-orang yang lalu lalang di mall.

“Satria tuh juga rese Ris! Gue udah curiga sama dia,” ujar Amanda kemudian

“Emang kenapa?” Risa penasaran

“Waktu gue SMSan sama dia, dia sok-sok nunggu gue jomblo gitu deh. Dia sok setia sampe kapanpun sama gue gitu. Ngakunya sih nggak punya cewek. Tapi ternyata, dia punya dan ceweknya tuh baik banget tau nggak!” ujar Amanda lagi.

“Kok lo bisa tahu?”

“Kemaren, temen gue yang juga tetanggaan sama Satria tuh SMS gue. Dia marah-marah sama gue. Dikiranya gue ni ngajak balik Satria! Gila aja gitu gue ngajak balikan! Ternyata, Satria tuh bilang sama temen-temennya kalo gue ngajak balikan dia gitu. Sok ngemis berharap cintanya kembali. Iiuuuhh, gak banget deh! Gue jelas nggak terima donk Ris dibilang gitu. Terus gue juga nanya, apa si Sat itu udah punya cewek? Dan jawabanya ternyata Udah, ceweknya juga baek banget lagi. Kurang bersyukur apa sih si Satria, sampe nggak ngakuin ceweknya. Padahal kalo dia jujur, so what gitu kan? Gue juga bilang kalo gue punya cowok!” Amanda ngomong panjang lebar, Risa dan Shiffa geleng-geleng kepala,

“Gue udah curiga sama tuh cowok. Pasti ada maksud dibalik “baekin” gue. Ternyata bener kan, dia mau jelekin nama gue didepan temennya. Padahal, maksud gue tuh mau silaturahmi aja gitu SMSan sma dia. Selain gue bandingin dia juga sama David. Tapi kan gue nggak maksud ngajak tuh cowok balikan! Emang gue apaan, ngajak-ngajak balikan. Lo berdua tahu nggak, si Satria itu tuh, mau bikin gue suka lagi sama dia, terus bikin gue sakit hati gitu deh,” lanjut Amanda

“Kok lo tahu?” Shiffa ikut penasaran

“Setelah temen gue ngomong kayak gitu ke gue. Gue langsung nanya balik sama Stria. Gue desek-desek dia sampe ngaku! Dan dia jujur juga, dia bilang kalo dia emang mo bales dendam sama gue, ck..ck..ck… hebat!” Amanda geleng-geleng kepala.

“Nah, sekarang lo tahu kan siapa yang baik?” Risa angkat bicara. Amanda mengendikkan bahunya. Sampe mata Shiffa menangkap seseorang diseberang meja mereka,


“Man bukannya itu Clara, adek kelas kita dulu yang mantannya David?” ujar Shiffa seraya memberi tahu Amanda. Amanda dan Risa menoleh, dan memandang ke arah yang dimksud Shiffa.

“Dia ma cowok loh. Kayaknya gue kenal tuh cowok siapa,” ujar Risa. Amanda ngangguk-ngangguk.

“Gue juga kenal. Itu kan David,” ujarnya kemudian. Shiffa dan Risa memandang Amanda,

“Omaigot Man… tenang yah tenang, jangan meledak disini…” ujar Risa heboh, takut Amanda marah-marah nggak jelas. Amanda tersenyum masam,

“Gue nggak pa-apa kok. Nyantai aja. Sekarang gue tahu, gue nggak bregitu penting buat dia. Buktinya, dia lebih mentingin mantannya dari pada gue. Lebih mentingin temen-temennya, dan kesibukan maennya yang nyebelin itu. Jadi, kayaknya, mulai malem ini gue jomblo deh,” ujar Amanda tenang. Dua sohibnya melongo.

“Yakin Man gak diselesein baik-baik dulu?” tanya mereka. Amanda tersenyum,

“No boy, no cry. Tenang aja, gue udah siap ngejomblo dari kemaren-kemaren kok. Jadi, kalian gak usah pasang tampang melas gitu ok! Dan ucapkan selamat tinggal, buat cinta-cinta gue. Cari yang lebih baik lagi… bukan yang cinta dengan posesifnya, bukan cinta yang dibagi sama kesibukan yang nggak penting. Kalo masalah kesibukan study sih gue ok, kalo dia??? So, jomblo deh gue…”

1 komentar:

rioferi mengatakan...

sabaaaaarrrr,,,, buuugh....... ahahahaa

Posting Komentar