7 Juli 2009

JURUSAN GUE APA YA???


Ngaku deh lo. Lo pasti pernah dan mungkin akan ngalamin apa yang gue alamin ini. Yupz, setelah UAN dan hampir sebulan nunggu hasil kelulusan keluar, gue nggak Cuma disibukkan buat berdoa memohon supaya gue lulus ataupun les buat menghadapi ujian SPMB nanti. Karena, gue juga disibukkan oleh pendapat orang-orang yang sangat dekat dengan gue yang nuruh supaya gue masuk dijurusan yang mereka inginin.



1. BOKAP gue.


Kalo inget ini, gue kadang masih suka kesel. Abis, bokap gue dengan amat ngototnya nyuruh gue ngambil jurusan tehnik elektro.

Bukannya gak mungkin, tapi walau gue berpredikat anak IPA saat itu, nilai pelajaran Fisika gue sering mepet (haha).


Jelas aja, gue menolak saran dari bokap gue itu. Tapi, beliau maksa… aje.

Maklum, mungkin beliau pengen salah satu dari anaknya ngikutin jejaknya yang seorang Sarjana tehnik elektro dan sekarang bekerja disebuah perusahaan listrik Negara sebagai Kepala humas dan Koperasi, setelah sebelumnya menjabat jadi Kepala ranting. Dan karena kakak-kakak gue gak ada satupun yang berasal dari IPA, maka beliau dengan antusiasnya nyuruh gue buat masuk dijurusan itu.


Bokap : “Mil, ayah tu kepengen kamu jadi Sarjana elektro kayak ayah. Biar nanti bisa daftar di PT xxx, kayak ayah. Biar bisa jadi manager atau bahkan kepala ranting dan cabang. Kan keren, cewek bisa jadi pemimpin,”


Gue : mikir-mikir. “Ah… ayah ni maen paksa wae. Otakku gak bakal sanggup mikir system elektro gitu-gituan yah. Nilai Fisika Mil aja tanda tanya, hehe,”


Bokap : “Itu kan bisa diasah lagi Mil, asal kamu iki mau berusaha. Kamu sih, dolan wae kerjaannya, mana pernah ayah liat kamu belajar kecuali kalo mau ujian.”


Ah… emang dasarnya bokap gue nii napsu banget ngejeblosin anaknya ke jurusan elektro, dan emang dasarnya gue juga gak mau nurutin keinginan bokap gue. Saat itu gue bener-bener gak tahan sama omelan bokap gue dan segala macem alesannya yang gue rasa, gue gak bakal sanggup nanti.

Ahkirnya setelah perdebatan yang amat sangatlah panjang, ditambah lagi ceramahan bokap gue tiap hari, sampe-sampe pada ahkirnya beliau mulai ngalah saat gue ngambek gak mau kuliah and minta dinikahin sama Nicholas Saputra aja kalo bokap terus maksa gue. ahahahaha


2. MAMI gue.


Kalo bokap gue nyuruh gue ngambil jurusan tehnik elektro, laen lagi ama keinginan mami gue.

Yah, dengan amat tersipu-sipu gue bilang kalo mami gue nyuruh, supaya gue masuk Fakultas kedokteran.

Jahahahahahaha… mami… mami… dikiranya otak gue ini brilliant and ngunggulin Einstein kali yah, ampe berharap gue masuk Fakultas Kedokteran.


Karena, ini jelas sangat tidak mungkin terjadi. Secara, gue ini sedikit heboh dan merinding ngeliat darah, jarum suntik dan selang infus. Belom lagi nanti kalo ada praktek ngebedah mayat, iuuhhhh… gue gak tahan ngebayangin gimana nantinya.


Dan, sekali lagi gue nolak dengan sangat halus permintaan mami gue. Walau sebenernya, gue juga pengen masuk fakultas ini, tapi... gue ragu apakah gue mampu. Awalnya gue tahu mami gue sangat kecewa, sama seperti apa yang dirasain sama bokap gue. Tapi, gue bilang aja sama mami, kalo gue gak bisa jadi dokter, biarlah kelak suami gue yang seorang dokter. Hahahahaha, amin…amin(ngarep).


3. BROTHER gue.


Betapa sangat “beruntung” jadi gue yang seorang anak paling bontot dalam keluarga gue. Yupz, gue punya seorang brother yang jadi kakak pertama alias si sulung dalam keluarga gue.


Dan, si sulung dalam keluarga gue ini dengan amat pedenya nyuruh gue masuk diFakultas hukum. Bukannya gak mungkin atau gak mampu. Tapi, dalam sejarah ingetan gue, nggak pernah terlintas dalam otak kecil gue bakal berkhayal masuk Fakultas hukum.


Emang sih gue akuin, saat kelas dua SD gue pernah bercita-cita jadi seorang pengacara. Tapi, setelah bertambahnya usia, dan ngikutin perkembangan jaman, gue jadi males masuk jurusan hukum, apalagi jadi pengacara.

Secara, hukum dinegara ini sungguh sangat gue bingung membahasnya. Korupsi dimana-mana, belom lagi sejuta pasal yang pasti otak gue gak bakal tahan ngingetnya. Thanks bro, gue gak mau ngikutin saran lo.


4. SISTER gue.


Nah, kalo cewek yang ditakdirin buat jadi kakak cewek gue ini laen lagi permintaannya. Dia bilang gue cucok masuk jurusan arsitek. Cuz, dia ngeliat potensi gue yang lumayan jago gambar.

Hahaha, arsitek? Itu bukannya yang bikin rancangan gambar bangunan dengan segala kejelimetannya itu yah? Ahai… sister gue ini nggak paham rupanya. Gue emang lumayan jago gambar, gambarin kertas kosong berubah jadi coret-coretan gambar yang sangat tidak bermutu dan tidak jelas sama sekali sih iya. Duuuh.


5. Tante Lena.


Kalo tante gue yang asli orang Lampung tapi rumahnya di Bandung ini laen lagi keinginannya. Dia bilang, karena gue tinggi, langsing(diliat dari mana coba?) dan lumayan(ehem..ehem)manis(huekkk…cuuiih), beliau nyaranin supaya gue masuk kesekolah pramugari. Waktu ngedenger itu gue bengong seribu bahasa.


Pramugari? Hadu… Pramugari itu kan kerjanya dipesawat, and pesawat itu kan transportasi udara gitu kan? Em…em…em… bukannya saat lo didalem pesawat, lo ada diantara hidup dan mati lo ya? Lo diatas ketinggian melebihi awan diatas sana, sangat jauh dari muka bumi. Duh…duh…duh… ngebayangin aja gue udah ngeri, apalagi kalo gue beneran jadi Pramugari yang tiap hari harus berada diantara hidup dan mati itu lagi. Gak deh tante, resikonya berat banget.


6. Tante Edi


Kalo tante yang satu ini nih, tetangga gue. Rumahnya depan rumah gue, sono’an dikit. Namanya tante Edi, karena suaminya namanya Om Edi. Kan biasanya para istri biasa dipanggil pake nama suami khan??? Paham gak sih? Kalo gak ya udah lanjut aja.


Nah, suatu sore, saat gue lagi asik-asiknya nyapu(tumben-tumbenan nih)depan rumah gue yang kotor na’udzubillah gara-gara daon-daon pohon Blimbing gue yang rontok, tante Edi yang lagi buang sampah pada tempatnya alias tong sampah senyum kearah gue. Refleks donk gue bales senyum tante Edi dengan senyum manis khas gue(halah). And, gak disangka-sangka tante Edi ini respect juga sama gue, dia inget kalo saat itu gue mau lulus SMA. Jadilah beliau bertanya-tanya, kemana bakal gue ngelanjutin study entar. Waktu ditanya-tanya gitu gue cengar-cengir gak karuan, gak tau mo ngomong gimana. Cuz, gue juga masih bingung mau ambil jurusan apah.


Tante Edi : “Milta, bentar lagi lulus SMA kan? Mau lanjutin kemana?” tanyanya dengan senyum ramah.


Gue : cengar-cengir, “Anu tante… anu…”


Tante Edi : “Anu… anu gimana toh kamu ini, ditanyain kok anu… anu,” ujarnya sambil tetep tersenyum pamerin gigi nya.


Gue : “Gini lho tante, Milta masih bingung mau ngelanjutin kemana. Soalnya, nilai Milta kan belom keluar juga tante,” gue alesan. Sambil garuk-garuk kepala.


Tante Edi : “Lah kamu kan bisa prediksi Mil, paling nggak punya gambaran pengen masuk jurusan apa gitu,” lanjutnya lagi.


Gue : ngangguk-ngangguk. “Iya… ya tante. Menurut tante, Milta enaknya masuk jurusan apa ya?” gue malah minta pendapat.


Tante Edi : “Kamu waktu SMA masuk jurusan IPA kan? Kalo gitu kamu masuk sekolah farmasi aja Mil. Kan kamu anak perempuan, pasti juga cocok, kerjanya juga enak, gimana?”


Gue bengong.


Farmasi? Buset, ini sih sama aja gue bunuh diri. Nilai Kimia gue juga cekak cint, haduh…duh…. Lagian gue juga gak niat pake banget ma jurusan itu. Dalam bayangan gue saat itu adalah, ketika gue sekolah farmasi, gue bakal jadi mahasiswa berseragam dengan sejuta itung-itungan dan rumus dalam kegiatan gue. Ditambah lagi bermacem-macem praktek uji coba yang tetek bengek gue udah hopless mikirinya. Tidaaaakkkkkkk!!!


7. Hasil semedi gue


Ahkirnya, setelah gue mentelaah lebih jauh, dan bertapa dikamar selama 24 jam, gue dapat inspirasi bakal masuk jurusan apa.

Antara Psikologi dan Komunikasi.

Gue bingung lagi,

Milih mana dari salah satu jurusan ini.


Mami bilang : Kedokteran aja, tetep pokoknya kedokteran!!!


Gue : Mom, plissssss…


Bokap : Boleh ambil Psikologi atau komunikasi, tapi ambil D3 elektro

juga yaaa


Gue : Stres akut, lama-lama


Brother : Komunikasi aja dek…


Sister : Sepertinya Komunikasi lebih cocok


Sobatku Unyil : Komunikasi


Sobatku Jhe : Komunikasi is not bad


Sobatku Jepi : Komunikasi miL, salurkan bakat ceriwismu


Sepupu, temen sekelas waktu SMA, temen SMP, tetangga yang laen, Ayam tetangga, Burung diLangit, Kucing digenteng, Ikan cupang, Ikan mas koki, mas penjahit, mas satpam, dan mas-masan bilang : Komunikasi


Gue : OKAY, Komunikasi!

Gue Langsung daftar jurusan itu di Kampus

Jogja dan Solo.


Hasilnya, dua-duanya ketrima.


Nah terus gue bingung lagi, mau kuliah diJogja apa Solo???




0 komentar:

Posting Komentar