27 Mei 2009

The Queen of haLf heart


Sumpah,

Julukan ini nggak sama sekali gue inginkan.

Tau-tau, julukan ini muncul begitu saja secara spontan.

Mungkin, muncul karena rasa sakit hati atau kecewa yang terlalu dalam.



^^



Siang itu pelajaran seni rupa terasa amatlah lama. Anak-anak kelas 3 IPA 2 SMA X hampir-hampir bosan melewati pelajaran ini. Hanya satu yang sedari tadi mereka tunggu-tunggu, BEL SEKOLAH BERBUNYI.

Satu menit…

Dua menit…

Sepuluh menit…

Lima belas menit…

Dan ahkirnya…

TETTT… TETTT… TETTT…!!!


Bunyi bel sekolah yang terdengar nge-fals itu berbunyi juga. Telihat raut kelegaan yang amatlah dalam dari wajah-wajah anak kelas 3 IPA 2.


“Hufttt…” hembusan nafas panjang keluar dari mulut Bastian.

“Hampir gila gue ngikutin ni pelajaran. Mending juga gue ngikut kelas seni musik, ketimbang seni rupa. Gue gak bisa sama sekali, “ gerutunya sebal.

“Iya, gue juga. Mana tuh guru sadisnya minta ampun. Ngasih tugas gak kira-kira. Masa kita disuruh bikin bagan desain bangunan kayak arsitek gini, beeehhhhh…” Galang nambahin. Yang laen manggut-manggut.


“Kantin nyoookkk,” ajak Amanda, yang sedari tadi manggut-manggut gak jelas, ngajakin dua sobitnya. Dua sobitnya menggiyakan.

“Gua gak diajakin Man?” tanya Bastian,

“Kalo mo kekantin, kekantin aja kali… sapa tau ketemu your sweet heart anak kelas 1-4 itu,” sahut Amanda sambil tersenyum. Bastian pun ikut tersenyum. Ada perasaan lain saat melihat senyum Amanda.



^^



Saat dikantin, penuh sesak dengan manusia-manusia kelaparan yang saling rebutan mesen makanan. Amanda lebih baik mengalah, mencari tempat duduk dan nitip pesen makanan lewat dua sobitnya. Shiffa dan Risa.


Amanda ahkirnya menemukan tempat duduk yang kosong. Ia segera menempatinya. Ia menunggu dua sobitnya berhasil memesan makanan. Saat Amanda sedang asik mengamati satu per satu wajah-wajah manusia dalam kantin itu, ia dikagetkan oleh tepukan lembut David, pacarnya.


“Kok sendirian yank? Temen-temen kamu mana?” sapa David kemudian. Amanda menoleh kaget.

“Ah… kamu ngagetin aja. Iya tuh, Shiffa sama Risa lagi mesen makanan. Kamu nggak makan?” tanya Amanda balik.

“Enggak, aku udah kok tadi, waktu pelajaran Bahasa tempat aku kosong. jadi aku kekantin aja deh…” sahut David, disambut kata “Ohhh…” dari bibir Amanda.

“Emm… yank, aku mau ngasih ini buat kamu,” ujar David kemudian, sambil menyerahkan satu kotak coklat pada Amanda. Amanda tertegun, sejenak

“Kamu kan suka coklat, makanya aku beliin ini buat kamu. Dimakan ya…” ujar David lagi. Amanda masih tertegun, sambil menatap David lama

“Oh, makasih ya coklatnya. Kamu baik banget beliin aku coklat ini. Thanks yaaa…” ujar Amanda ahkirnya. Wajah David berseri.

“Iya sayang. Ya udah, aku kumpul sama temen-temen aku dulu ya. Jangan lupa dimakan coklatnya, okai…” ujar David lagi, seraya mengelus rambut Amanda. Lalu pergi.


Amanda menatap coklat itu lama. Ada perasaan haru dan bersalah yang menyusup dalam hatinya. Perasaan itu makin menjadi, kian lama tak berkurang.



^^



Gue inget banget waktu itu. Matahin hati seorang cowok, temen sekelas gue. Bahkan sebelum dia nyatain cinta ke gue.

Bukanya apa-apa, tapi saat itu gue bener-bener gak tahu, kalo dia itu naksir gue lama. Hampir 3 tahun, bahkan. Sejak dari kelas dua SMP, sampe gue masuk SMA.


Gue anggep dia sebagai “teman baik” gue.

Saat gue lagi seneng atau sedih, gue selalu cerita sama dia dengan “polosnya”. Saat gue lagi dimusuhin temen, butuh bantuan atau apapun, gue selalu bareng dia. Dia ada disaat gue butuhin. Gue anggap dia itu “sahabat” gue.


Tapi,

Gue ternyata salah.

Anggepan gue yang ngira dia itu “sahabat” ternyata salah fatal.

Gue baru tahu kalo dia itu udah sejak lama naksir gue. Dan, selama ini, perhatian dan rasa “sahabat” itu Cuma buat karena dia pengen nunjukin kalo dia ada maksud lain ke gue.

SUMPAH, saat itu gue kecewa luar biasa.



Gue jadi ilfil sama dia. Gue bahkan nggak nyapa dia kayak biasanya. Gue kira sahabatan diantara kita itu tulus, tapi nyatanya enggak.

Sejak saat itu, gue bikin dia nggak suka lagi sama gue. Apapun caranya. Sampe bunga itu layu sebelum berkembang



^^



Amanda kembali kedalam kelas sambil membawa sekotak coklat dari David.

Galang yang jadi teman sebangkunya menyambut ramah.


“Wah, ada coklat nih… bagi donk Man,” ujarnya berseri-seri

“Iiihhh… gak boleh Galang. Ini coklat dari David, jadi yang boleh makan Cuma gue doank, “ sahut Amanda, lalu memasukkan coklatnya kedalam tas.

“Ah, lo pelit banget sih Man. Segitunya banget lo jaga tuh coklat mentang-mentang dari cowok lo yang anak basket itu!” ujar Galang ketus. Amanda mengerutkan kening.

“Lo kenapa sih sewot banget sama David? Entar deh gue beliin coklat, tapi jangan yang ini, ok?”bujuk Amanda. Galang pura-pura tak mendengar perkataan Marsha, ia malah mendengarkan musik dengan headset dikupingnya. Amanda mendengus sebal,

“Lang, lo dengerin gue kenapa sih? Gitu aja ngambek kayak anak kecil aja! Tadi dikantin gue ketemu tuh sama cewek lo,” ujar Amanda kemudian, seraya menarik headset dikuping Galang. Galang menatapnya tajam,

“Gue udah putus dari tuh cewek! Jadi jangan anggap lagi dia sebagai cewek gue okay?” sahut Galang dengan cueknya.

“Hah… putus lagi???” pekik Amanda, heran.



^^



Gue sadar, gue gak segitu tulusnya mencintai cowok gue.

Gue jadian sama dia, karena gue pengen ngelupain seseorang yang selama ini bikin gue selalu mikirin dia.

Sebenernya gue tahu, gue itu salah dan kurang ajar. Tapi gue juga terpaksa ngelakuin ini, gue nggak mau matahin hati dia yang tulus mencintai gue sejak lama, tanpa embel-embel sok jadi “sahabat” buat gue.

Gue juga berusaha untuk ngebales rasa sayangnya buat gue.

Tapi itu ternyata nggak mulus.



^^



“Gue udah lama kali Man putus ma tuh cewek. Bokis banget dia, sok setia, gak taunya sering jalan bareng ma cowok-cowok laen! Anjrit banget kan!!!” gerutu Galang pada ahkirnya.

“Kok lo nggak cerita sama gue?” tanya Amanda lembut.

“Aaaahhh… elo lagi. Lo kan sibuk ngurusin cowok lo tuh. Kayaknya lo sekarang bener-bener udah mulai suka ya sama dia? Udah lupa sama Pangeran lo?” sahut Galang ketus.

“Kok lo gitu sih Lang nuduhnya. Ya, wajar juga kalo gue berusaha suka sama David, dia kan cowok gue. Justru gue semakin bersalah kalo gue nggak bisa suka sama dia kan?” ujar Amanda, menanggapi. Galang beranjak dari tempat duduknya,

“Tapi gue nggak suka Man!” ujarnya lalu pergi, keluar dari kelas. Amanda terheran-heran.



^^



Mungkin julukan itu benar adanya, karena gue matahin lagi hati seorang cowok yang gue anggep “sahabat” gue. Jujur, gue sebenernya sayang sama Galang, tapi hanya sebatas, gue anggep dia sebagai “sahabat” buat gue. Nggak lebih. Lagi-lagi kayak gini.



^^



“Lo sama Galang kenapa Man? Kok duduknya pada jauh-jauhan gitu? Kan kalian sebangku?” tanya Bastian siang itu. Amanda tersenyum masam,

“Gak pa-pa, dia lagi ngambek kali sama gue…” jawab Amanda sekenanya.

“Ngambek kenapa emang?” tanya Bastian penasaran

“Pokoknya, ada dehhhh…” Amanda tetap cuek. Bastian menghela napas panjang.

“Man… gue suka sama cewek, tapi cewek itu nggak tahu kalo gue suka sama dia. Dia Cuma anggep gue temen deketnya, temen curhat doank…” Bastian menatap Amanda, dalam. Amanda menoleh,

“Cewek anak kelas 1-4 itu Bas? Yang namanya Arumi?” tanya Amanda kemudian.

“Bukan…. Kalo Arumi sih, sebenernya Cuma buat pelarian gue gara-gara cewek itu ngga pernah berasa kalo gue mendem rasa ke dia, lama….” Kening Amanda berkerut-kerut,

“Cewek itu anak sini juga? Siapa?” tanyanya lagi. Bastian terdiam, lama…

“Ah… tar juga lo tahu. Someday, but not now…”



^^



Kalo dibilang mempermainkan cowok, gue rasa… gue nggak kayak gitu.

Gue let it flow, semua itu ngalir gitu aja.

Gue anggep semua biasa, sama kayak gue temenan sama temen-temen cewek gue.

Gue nyaman temenan sama cowok, tapi gue nggak habis pikir kenapa mereka menanggap gue lebih?



^^



“Man, lo tuh nggak ngerti-ngerti ya. Gue marah sama lo, lo nggak anggep gue sama sekali Man?” ujar Galang saat itu. Amanda terdiam.

“Gue tuh suka sama lo, tapi lo tetep aja bertahan sama cowok lo itu. Gue Cuma mau, Lo suka juga sama gue Man!” lanjutnya lagi.

“Gue putus sama cewek gue juga, karena gue ngerasa nyaman deket lo. Tapi sayang, lo gak anggep gue. Lo malah nyoba nimbun rasa buat cowok lo. Gue memang selama ini dikenal sebagai cowok playboy. Prince playboy. Tapi kalo sama lo, gue bisa jujur ngomong apa adanya. Tapi terserah, gue tahu lo gak bakal sesayang itu sama gue,” ujar Galang panjang. Amanda terdiam.



^^



Siang itu gue sama Bastian duduk ngobrol didalam kelas.

Yang lainnya sibuk dengan kegiatan masing-masing.


“Bas kalo dia itu Prince playboy, dan lo bilang kalo lo tadi itu Pujangga penanti. Terus gue apa donk?” tanya gue sama Bas, setelah gue curhat tentang masalah gue. Bas menoleh, wajahnya terlihat masam.

“Kalo Galang Prince playboy, dan gue seorang Pujangga penanti. Elo adalah Queennya Man. The Queen of half heart. Cewek setengah hati. Cewek yang matahin hati cowok. Sebenernya, gue juga lama suka sama lo. Tapi kayaknya emang gak bisa. Lo Cuma anggep gue sahabat lo, nggak lebih. Sama Galang aja, lo nggak mau, apalagi sama gue yang cowok biasa, dan lo anggep sobat deket lo. Tapi asal lo tahu Man, the Queen of half heart, dirimu tak lekang dihatiku… meski kau bukan untukku,” ucap Bastian, dalam. Gue kaget luar biasa. Hanya terdiam, dan kecewa. Memang, gak seharusnya gue anggep semua cowok itu sebagai sahabat buat gue, kalo gue nggak bener-bener tahu maksud apa yang ada dibenak mereka, ke gue.

0 komentar:

Posting Komentar